Visi dan Misi Prodi Teknik Pertambangan

Visi Prodi Teknik Pertambangan 2020:

Menjadi Program Studi Teknik Pertambangan terbaik pada level nasional, mandiri, dan terintegrasi dengan nilainilai ke-Islaman, keilmuan dan ke-Indonesiaan serta berwawasan hukum dan lingkungan “.

  

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Teknik Pertambangan mineral dan batubara serta berwawasan lingkungan.
  2. Melakukan penelitian berkualitas dalam bidang Teknologi Pertambangan mineral dan batubara yang bermanfaat bagi kepentingan keilmuan dan kemasyarakatan;
  3. Melakukan pengabdian pada masyarakat dalam menjaga sumber daya alam dan pelestarian lingkunganuntuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Umum

 

Menghasilkan sarjana Teknik Pertambangan (ST) . Yang memiliki pemahaman teori dan metode di bidang Pertambangan dan lingkungan sehingga mampu menganalisis dan memecahkan berbagai persoalan di bidang Teknik Pertambangan yang bermanfaat bagi kualitas bidang masyarakat dan lingkungan.

 

Tujuan Khusus

Meluluskan Sarjana Teknik Pertambangan dengan karakteristik sebagai berikut

  1. Membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan, sikap, dan keterampilan bidang pertambangan yang terintegrasi dengan pemahaman ke-Islaman, ke-Indonesiaan,hukum dan lingkungan.
  2. Terselenggara proses pembelajaran yang bermutu di lingkungan Prodi Teknik Pertambangan FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, memiliki kemampuan kompetitif serta sikap profesional di bidang ilmu Teknik Pertambangan.
  4. Tercipta iklim akademis yang profesional, memiliki moralitas keislaman yang tinggi, berwawasan kebangsaan, memiliki kepekaan sosial serta memegang komitmen yang kuat terhadap pengembangan keilmuan dan penyebaran budaya iptek yang sarat dengan nilai imtak bagi kemajuan bangsa.

 

 

Strategi Pencapaian

  1. Membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan, sikap dan ketrampilan bidang Teknik Pertambangan yang terintegrasi dengan pemahaman ilmu agama dan norma-norma keislaman.
  2. Mengembangkan kemampuan interpersonal mahasiswa dalam bidang penelitian, pembelajaran dan kewirausahaan berbasis ilmu dan teknologi Teknik Pertambangan.
  3. Mengembangkan keterampilan problem based learning mahasiswa dalam mendukung penyelesaian isu-isu global lintas disipliner  melalui aplikasi ilmu Teknik Pertambangan.
  4. Mengembangkan penelitian dalam bidang sains Teknik Pertambangan yang memiliki nuansa keislaman dan integrasi keilmuan sebagai upaya mendorong terwujudnya UIN sebagai research university.
  5. Menumbuhkan motivasi untuk mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara intelektual, sosial dan kultural.
  6. Mengakselerasi lahirnya inovasi iptek praktis yang dapat menjawab tantangan globalisasi yang tumbuh di masyarakat.