Gempa dalam Perspektif Geologi Tektonik dan Vulkanik serta Agama Islam

Rabu, 21 November 2018. Himpunan Pertambangan (HITAM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan acara Studium General yang bertemakan “Gempa dalam Perspektif Geologi Tektonik dan Vulkanik serta Agama Islam”. Acara ini dilaksanakan di Ruang Tearter lt 2 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tujuan acara ini untuk Mempererat hubungan dan menjalin silaturahmi antara  mahasiswa/i Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan mahasiswa/I jurusan lainnya. Sebagai wadah edukasi mahasiswa/i Pertambangan dan mahasiswa/I jurusan lainnya. Menjadi wadah atau sarana bagi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi untuk lebih memahami tentang Gempa.

Di dalam Studium General, terdapat 3 pembicara yaitu 1) memberikan penjelasan tentang The Restless Dynamic Earth  dari (Ir. Untung Suryanto, M. Sc.) dimana intinya bumi tidak akan pernah beristirahat (restless) yang artinya bumi akan mengalami aktivitas-aktivitas dinamis sehingga akhirnya terjadi beberapa fenomena alam salah satunya gempa bumi. 2) memberikan penjelesan tentang How To Live On Ring Of Fire oleh (Dr.Ir.A.Sarwiyana Sastratenaya) yaitu negara Indonesia merupakan salah satu negara dengan Gunung api terbanyak yang membentuk cincin api karena indonesia berada diwilayah tumbuikan 3 plate. Sehingga sebagian besar wiilayah di Indonesia rawan gempa bumi. 3) memberikan penjelasan tetang Islam, Earthquake, and The Mitigation dari (Ir. Agus S.Djamil, M.Sc.) dimana beliau menyebutkan Sumber kita adalah: Al- quran, hadist dan ijma Gempa bumi tidak pernah membunuh orang, dia akan menjadi pembunuh apabila gempa mengenai bangunan dan bangunannya adalah bad building in a bad location.

Studium General tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa/i dari Teknik Pertambangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tetapi juga ada mahasiswa/i dari jurusan lain. Acara ini terselenggarakan dengan baik dan lancar. Diakhiri dengan pemberian plakat kepada masing-masing pembicara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *